Dampak krisis ekonomi di indonesia akibat pandemi covid-19

OLAHAN INTERNET.Pengaruh Pandemi Covid 19 kini sebagian negara telah jatuh kedalam jurang Resesi.Indonesia juga di prediksi akan merasakan nasib yang sama pada kuartal ke 3 di tahun 2020.

Dampak krisis ekonomi di indonesia akibat pandemi covid-19
Pengaruh Pandemi Covid 19 kini sebagian negara telah jatuh kedalam jurang Resesi.


Dampak krisis ekonomi di indonesia akibat pandemi covid-19 ini akan mengakibatkan dampak penurunan dari aktifitas ekonomi seperti Pemutusan Hubungan Kerja(PHK), pengangguran, pengurangan produksi hingga penurunan sumber penghasilan masyarakat.

Baca Juga: Bagaimana Tanda-tanda akan datangnya Krisis Ekonomi Pada Suatu Negara??

Menteri Keuangan Sri Mulyani juga mengungkapkan jika Indonesia sendiri di pastikan akan memasuki badai resesi ekonomi.


Beliau merevisi proyeksi peningkatan ekonomi Indonesia di tahun ini mengalami pengurangan 0,2 persen sampai 1,1 persen menjadi lebih  tinggi yaitu pengurangan 0,6 persen sampai 1,7 persen.


"Itu berarti pada kuartal ke tiga dan berlangsung hingga kuartal ke empat kemungkinan negatif dan kita masih upayakan pertumbuhannya mencapai 0," ungkap Ani,yang biasa di panggi sapaan akrabnya.


Mengutip dari penyebab terjadinya resesi pada suatu negara di jelaskan bahwa jika suatu negara disebut mengalami resesi ekonomi dimana, jika pertumbuhan ekonomi mengalami kelesuan atau kemunduran di aktivitas atau produktivitas ekonomi di sebuah negara dalam dua kuartal berturut-turut.

Baca juga: Pengertian Dan Penyebab Terjadinya Resesi Ekonomi Pada Suatu Negara

Mengetahui pada dua kuartal tahun lalu,pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di pengurangan atau minus 5,32 persen.


Lalu apa saja dampaknya pada sebuah negara ketika dinyatakan mengalami resesi ekonomi?


Yang pertama adalah aktifitas ekonomi akan berkurang dimana,permintaan terhadap barang maupun di bagian jasa akan ikut menurun yaitu berupa pengurangan proses produksi dari berbagai jenis pabrik maupun perusahaan.


Kedua,Perusahaan akan banyak melakukan pemutusan hubungan kerja(PHK).karena biarpun produksi berkurang  beban operasional perusahaan, gaji pegawai maupun biaya listrik tetap berjalan.

Baca juga: 6 Cara Cerdas Mengatur Keuangan Di saat Krisis Ekonomi

Sehingga banyak yang mengalami PHK ditengah Pandemi seperti sekarang karena kelanjutan resesi tren yang berpotensi berkelanjutan.


Ketiga,Sudah hal yang pasti pengaruh PHK akibat wabah Pandemi ini,akan menambah jumlah pengangguran dimana di prediksi ada sekitar 15 juta orang pengangguran di Indonesia akibat Pandemi.


Keempat,karena Penghasilan masyarakat yang terus menurun,maka diikuti juga pengurangan aktivitas konsumsi melihat dari indeks penjualan Riil(IPR)dimana masih tercatat kontraksi sekitar 10,1 persen pada bulan Agustus lalu.


Kelima,ketika sumber penghasilan terus menurun,maka diikuti juga dengan penambahan penduduk miskin yang semakin banyak.apalagi jumlah penduduk kelas menengah hingga ke bawah di Indonesia sendiri tergolong sangat besar sehingga pengaruh resesi ekonomi akan mengakibatkan mereka turun kelas menjadi kategori penduduk miskin.


Mengutip dari Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara juga mengungkapkan jika memasuki resesi ekonomi, jumlah penduduk miskin akan semakin meningkat.Apalagi, dampak resesi ekonomi seperti saat ini dialami oleh semua sektor dari perusahaan besar hingga UMKM.


"Secara otomatis kelas menengah rentan miskin yang berjumlah 115 juta orang akan jatuh hingga kebawah garis kemiskinan. Estimasinya angka kemiskinan meningkat menjadi 12 persen sampai 16 persen,".


Daya beli masyarakat juga akan menurun karena pengaruh resesi ekonomi,dimana pertanda ini sudah terlihat dari Indeks keyakinan Konsumen(IKK)ketika belanja maupun kredit konsumsi. Bank sentral merangkum posisi IKK berada di 86,9 per Agustus 2020, atau berada di level confidence 100.


Disamping itu,dikarenakan perlambatan pertumbuhan kredit konsumsi dari 1,5 persen di bulan Juli 2020 mengalami penurunan dari sebelumnya 7,3 persen pada Juli 2019.

Tag: resesi ekonomi indonesia adalah,

resesi ekonomi indonesia tahun 2020,

resesi ekonomi indonesia di depan mata,

resesi ekonomi indonesia sekarang,

resesi ekonomi indonesia saat ini,

resesi ekonomi indonesia 2021,

resesi ekonomi indonesia 2020,

krisis ekonomi di indonesia akibat pandemi covid-19,

ancaman resesi ekonomi indonesia 2021,

indonesia akan resesi ekonomi,

krisis ekonomi indonesia berawal dari,

dampak resesi ekonomi bagi indonesia,

pengaruh resesi ekonomi bagi indonesia,

apa dampak resesi ekonomi bagi indonesia,

krisis ekonomi indonesia covid,

resesi ekonomi di indonesia,

krisis ekonomi indonesia didahului dengan,

krisis ekonomi indonesia dimulai dengan adanya,

resesi ekonomi di indonesia 2020,

krisis ekonomi indonesia diawali dengan adanya,

jika indonesia resesi ekonomi,

kapan indonesia resesi ekonomi,

ekonomi indonesia masuk resesi,

indonesia mengalami resesi ekonomi,

krisis ekonomi indonesia didahului oleh,

krisis ekonomi indonesia diawali oleh faktor,

Share this:



Comments

Popular Posts

Tidak Ada Di Playstore Inilah Aplikasi Penghasil Uang Di Android Terbaru 2020/2021

Langkah-langkah Cara Mencairkan Penghasilan Di Anchor.Fm

Mengenal Tumbuhan Porang Dan Manfaatnya

Pengertian,Fungsi,Dan Kegunaan Kripto Atau Crypto

Website Penghasil Uang Dolar Langsung Ke Rekening Lokal Terbaru 2020