Tahap Awal Memulai Bisnis Kecil Dari Nol Supaya Berhasil

 OLAHANINTERNET.MY.ID 'Tahap Awal Memulai Bisnis Kecil Dari Nol Supaya Berhasil' Dalam Memulai Usaha Apa saja yang Akan kita kembangkan,tentunya bagi kita para pelaku usaha wajib mempelajari tentang tips dunia bisnis dan usaha supaya mendapatkan hasil yang memuaskan.jujur saja nih sebetulnya menurut pengalaman aku itu agak kurang percaya diri dalam mengupas tuntas Tentang Dunia Bisnis karena memang pengalaman usahaku belum terlalu banyak.

Tahap Awal Memulai Bisnis Kecil Dari Nol Supaya Berhasil
Gambar Ilustrasi:Uang Koin


Sebelum Memulai Bisnis,saya juga belajar dari nol dan belajar penuh dari para investor dan Tokoh bisnis tentang Tips dan Trik Cara belajar Bisnis Kecil Mulai Dari Nol.


Jadi Sebelum Membuatkan Materi Artikel Seputar Bisnis Dan Keuangan Di Blog Olahan Internet ini,aku selalu mencoba belajar terlebih dahulu,baik itu dari Buku,Youtube,internet maupun Dari Cara-cara tokoh Investor yang sydah sukses di dunia bisnis.Dan segera kau Bagikan juga di Situs ini dan mencoba merangkum kembali dari para pebisnis yang sudah lama berhasil sebelum saya.


Tahap Awal Memulai Bisnis Kecil Dari Nol Supaya Berhasil

1.Cara Membuat Konsep Dari Sebuah Bisnis
Dalam Mencari Konsep dari sebuah Bisnis mungkin diantara kita banyak yang merenungkan serta muncul pertanyaan "Enaknya bikin Bisnis Apa Ya?","Jualan Apa Ya"? sebenarnya bagaimana sih cara yang gampang supaya kita bisa menentukan bisnis apa yang paling cocok kita coba??.Dari penelusuran pribadi saya ada dua hal sederhana yang bisa kita cermati yang pertama kebutuhan dari pasar serta yang kedua yaitu adalah faktor kelangkaan.

Meski Terdengar sangat sepele  namun,banyak orang tidak memikirkan hal ini ketika mereka itu memulai usaha untuk pertama kalinya.pada hal semua bisnis usaha itu bisa berhasil karena memang memenuhi kedua kriteria diatas.


Yaitu ada kebutuhan dari pasar jangan sampai kita membuat sesuatu itu yang ternyata tidak ada nilainya maupun tidak ada yang membutuhkan dalam kata artian Tidak Relevan terhadap Kondisi sekarang.


Yang kedua adalah kelangkaan.Coba Saja perhatikan seberapa banyak orang yang Sudah menawarkan produk maupun jasa tersebut.Kalau ternyata belum banyak orang yang terjun kesitu berarti kesempatan kita untuk menjadi sukses di bidang bisnis tersebut akan semakin besar.istilah dalam bahasa inggrisnya seperti :"a rare and valuable product or services"rare " yang artinya : Langka Atau belum Bayak Yang menyediakan.


Valuable itu artinya bernilai atau dibutuhkan banyak orang Untuk menemukan Produk Langka dan bernilai itu tentu saja Tidak Mudah. banyak banyak orang gagal dalam memahami kedua hal ini.Bahkan banyak para pebisnis pemula mengalami kegagalan itu dikarenakan tidak memperhitungkan kedua hal sederhana ini.


Mereka yang membuat Bisnis yang ternyata Tidak terlalu bernilai,atau sudah terlalu banyak pengusaha yang bergerak di bidang itu Jadinya sudah tidak langka lagi,dan tentu saja ini bisa memperkecil kesempatan sukses untuk kita.


Untuk saya sendiri,ketika tahun lalu saya mengembangkan blog ini,Saat itu saya menilai masih kurangnya konten Artikel  edukasi seputar bisnis dan keuangan Dan sebenarnya saya sadar bahwa konten digital seputar keuangan lagi bertumbuh pesat Dan akan berkembang sangat cepat dimasa depan maka dari itulah saya membangun Blog Olahan Internet.


2.Ketika Konsep Bisnis Sudah Mulai Terbentuk

Jika misalnya konsep bisnis yang kita Bangun sudah mulai terbentuk,dimana,kita sudah menemukan produk dan jasa yang di butuhkan Dan penyedia produk dan jasanya masih terbatas,

3.Target Konsumen

Tahap berikutnya adalah kita perlu tahu dulu siapa sebenarnya Target Konsumen kita,kira-kira orang yang beli produk atau jasa kita?apakah konsumen kita itu kebanyakan mana cowok atau cewek?umurnya di kisaran berapa?terus anak muda?Atau justru orang yang sudah dewasa?bagaimana kemampuan Ekonominya?Apakah kelas menengah ke atas atau menengah kebawah??Dalam situasi apa sih mereka mau beli produk atau jasa kita?Apakah mereka beli produk dan jasa kita pada waktu-waktu tertentu saja?Bakalan beli rutin tiap berapa kali sehari?? 

Nah,mengenal siapa konsumen kita itu adalah merupakan tahap penting yang akan menjadi fondasi brand atau produk yang akan kita bangun.

Tentu saja membuat produk untuk cewo dan cowo bakalan beda packagingnya,Bikin produk untuk anakmuda dan orangtua Tentu bakalan beda lagi cara komunikasinya.


Bikin produk untuk kelas menengah ke atas dan kelas menengah kebawah Akan beda pula sensivitas harganya.dengan semakin kenal akan siapa konsumen kita maka akan lebih gampang menjalani tahap bisnis selanjutnya.


4.Kepuasan Konsumen

Tahap selanjutnya adalah fokus pada segala upaya supaya bikin konsumen kita senang dan merasa puas Teehadap produk atau jasa yang kita sediakan. Kesanya memang terdengar sepele Tapi justru ini adalah tahap terpenting dalam sebuah bisnis.

Entah itu bisnis kamu termasuk skala kelas menengah ,skala kecil,atau bahkan skla mikro misalnya jika kita buka warung makan apakah kita bisa membuat konsumen kita merasa puas?


Konsumen itu disediakan tempat yang bersih dan nyaman,menunya juga lengkap dan semuanya tersedia,makananya cepat disajikan,rasanya enak,begitu mau bayar opsi pembayaranya itu lengkap dan selalu tersedia uang kembalian.

Sama juga ibaratnya ketika kita buka online shop Fokus sama kepuasan konsumen dalam berbelanja,Konsumen kita juga bisa melihat detai produknya ,kalau di chat responya cepat,opsi pengiriman lengkap,barang pesanan cepat sampai,packagingnya rapih dan aman,Terus baranya tidak ada yang cacat di tambah lagi Dikasih bonus merchandise segala.


Buat kamu yang pernah membuat usaha saya yakin pasti tau banget,kalau merancang experience yang enak dan Bikin puas itu tidak segampang yang dibayangkan.kamu coba perhatikan berapa banyak tempat makan yang tidak laku karena onwernya tifak fokus memikirkan user experience dan kepuasan konsumen.


Seperti misalnya:ketika kamu itu memesan makanan ternyata menunya tidak ready sesudah itu Kamu menunggu sangat lama baru makanan yang kamu pesan baru datang ,begitu mau makan eh,ternyata makananya sudah tidak segar lagi,Ketika tiba mau bayar uang kembalianya tidak ada sampai kita nenunggu dulu uang kita di tukar.apakah kamu masih datang untuk kedua kalinya kesana??mungkin kamu akan beepikir beeulang kali Sebelum kesana lagi.itulah sebabnya Fokus terhadap Kepuasan konsumen itu adalah Tahap Terpenting sebelum memulai bisnis sebelum kita fokus pada hal lainya dalam bisnis tersebut.


5.Perhitungan Keuangan Yang Maksimal

Kalau misalnya kami sudah bisa dan berhasil merancang user experience yang enak,terus kamu juga harus bisa membuktikan bahwa bisa puas akan produk dan jasa kamu.Tugas kamu selanjutnya adalah memastikan kalau proses itu bisa berjalan dengan perhitungan keuangan yang masuk akal.Maksudnya Gimana?Pada tahap ini kamu harus bisa memikirkan strategi jangka panjang Kalau kamu mau bisnis yang kamu bangun bertahan terus,yaitu kuncinya adalah merencanakan keuanganya karena keuangan itu adalah nafas dari sebuah bisnis.

Tiap bisnis mungkin mempunyai rencana keuangan yang berbeda-beda satu sama lain.ibaratnya katakanlah satu usaha konvensional Tentu rencana keuanganya bakal sangat berbeda Sama yamg mau bikin startup Digital.Tapi apapun bentuk bisnisnya yang paling terpenting dalam keuangan itu ujung-ujungnya adalah menjaga cashflow.


Buat kamu yang bisnisnya konvensional tentu akan sangat berusha untuk Bisa mencapai cashflow yang fositip tapi setidaknya kamu itu Harus tetap menjaga cashflow sesuai dengan rencana kamu Supaya nafas dari bisnis kamu bisa terjaga sampai kamu bisa profit.


6.Membuat Brand Dari Bisnis Memiliki sisi keunikan

Konsep bisnis sudah oke,target konsumen sudah tau,Konsumen sudah senang sama produk kita,Casflow juga sudah terjaga sesuai rencana,Maka  tahap selanjutnya adalah membuat brand dari bisnis kamu punya sisi keunikan.Artinya punya sesuatu yang berbeda jika dibandingkan sama Pemain lain.

Untuk apa kita punya sisi keunikan segala??Tentu saja supaya orang itu tidak sembarangan Bisa meniru atau menjiplak Produk dan jasa kamu.

Kaaih alasan yang kuat kenapa Calon konsumen kamu itu harus Mencoba produk atau jasa kamu Kenapa tidak beli di toko sebelah saja? Dalam istilah bisnis ini sering disebut dengan Convetitive Advantages Atau merupakan keunggulan yang unik jika dibandingkan dengan competitor.

Seperti apa keunggulan atau sisi keunikan itu ?Sebenarnya bisa jadi apa saja yang penting kamu harus punya hal yang beda kalau dibandingkan sama yang lain.


Seperti contohnya Bisa jadi Harga kamu lebih murah atau kualitasnya lebih unggul .bisa jadi misalnya proses operasional kamu itu jauh lebih cepat dan efisien jika dibandingkan sama yang lain.

Sebenarnya bisa jadi apa saja yang penting kamu punya hal unik dan berbeda.kalau bisa keunggulan itu tidak mudah bisa ditiru Sama yang lain.


Sebenarnya masih banyak lagi tahap-tahap bisnis selanjutnya yang bisa kamu lakukan contohnya seperti inovasi produk partnership dengan bisnis lain,buka cabang baru dan masih banyak lagi.


Tapi langkah selanjutnya itu bisa dikatakan benar-benar dinamis tergantung sama bentuk bisnis yang kamu jalani.


Itulah Tahap Awal Memulai Bisnis Kecil Dari Nol Supaya Berhasil yang bisa saya sharing sesuai pengalaman saya pribadi semoga bisa membantu bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis kecil Dari awal samapai berhasil.





Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak