Mengenal Apa Itu Bursa Saham Dan Contohnya

OlahanInternet.my.id Mengenal Apa Itu Bursa Saham Dan Contohnya.Pernah kah anda mendengar seorang sopir truk kumal memberi tumpangan kepada seorang eksekutif bertampang sukses. Ketika melihat selembar foto pantai tropis di dasbor truk, sang eksekutif terusik bertanya, liburan? Sebenar nya balas si sopir itu rumah saya. Tak percaya dan takjub, si eksekutif kembali berkata, seperti sebuah pulau. Dengan senyum kemenangan yang disembunyikan si sopir itu sebuah negara.




Itu sebuah contoh nyata, pada topik pembahasan kali ini biar sobat lebih paham dan mengerti tentang bursa saham.


Bursa saham adalah tempat atau pasar di mana perdagangan saham terjadi antara penjual dan pembeli saham. Bursa saham memberikan platform bagi perusahaan untuk memperoleh modal dengan menjual saham perusahaan mereka kepada investor melalui penawaran umum atau initial public offering (IPO). Di sisi lain, investor dapat membeli saham tersebut dan menjadi pemilik saham perusahaan tersebut.

Bursa saham memainkan peran penting dalam ekonomi karena membantu perusahaan untuk memperoleh dana tambahan yang mereka butuhkan untuk tumbuh dan berkembang. Selain itu, bursa saham juga memungkinkan investor untuk menghasilkan keuntungan dari kenaikan harga saham, yang tergantung pada kinerja perusahaan dan kondisi pasar saham secara keseluruhan.

Perdagangan saham di bursa saham biasanya dilakukan melalui perantara, yaitu perusahaan sekuritas atau broker. Investor membeli saham melalui broker dan kemudian broker tersebut akan menempatkan pesanan pembelian saham di bursa saham. Setelah terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli, saham tersebut akan di-transfer dari pemilik saham yang lama ke pemilik saham yang baru.

Saham yang diperdagangkan di bursa saham biasanya dibagi menjadi dua jenis, yaitu saham biasa (common stock) dan saham preferen (preferred stock). Saham biasa memberikan hak suara kepada pemiliknya dalam rapat pemegang saham dan mendapatkan dividen sesuai dengan keputusan perusahaan. Sedangkan saham preferen memberikan prioritas atas pembagian dividen dan hak untuk menerima pembayaran atas modal yang diinvestasikan sebelum saham biasa.

Bursa saham juga dapat memberikan indikasi tentang kesehatan ekonomi suatu negara. Jika pasar saham sedang naik, dapat menunjukkan bahwa investor memiliki keyakinan dalam perekonomian dan prospek perusahaan di pasar. Namun, jika pasar saham sedang turun, dapat menjadi sinyal bahwa investor kurang percaya pada prospek ekonomi dan perusahaan di pasar.

Di beberapa negara, bursa saham diatur oleh otoritas keuangan, seperti Securities and Exchange Commission (SEC) di Amerika Serikat atau Financial Conduct Authority (FCA) di Inggris. Otoritas tersebut bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perusahaan yang mendaftarkan saham di bursa saham telah memenuhi persyaratan regulasi yang ditetapkan dan bahwa perdagangan saham dilakukan secara adil dan transparan.

Cara Kerja Bursa Saham


Cara kerja bursa saham biasanya melibatkan beberapa pihak, termasuk perusahaan, investor, broker, dan otoritas pengawas. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai cara kerja bursa saham:

1.Perusahaan melakukan penawaran umum atau initial public offering (IPO) untuk menjual saham perusahaan mereka ke publik. IPO biasanya dilakukan ketika perusahaan membutuhkan modal tambahan untuk tumbuh dan berkembang.

2.Investor membeli saham perusahaan melalui perusahaan sekuritas atau broker. Setiap saham memiliki harga yang ditentukan oleh pasar saham, yang dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran.

3.Perusahaan sekuritas atau broker menempatkan pesanan pembelian saham di bursa saham. Bursa saham adalah pasar di mana perdagangan saham terjadi antara penjual dan pembeli saham.

5.Ketika terjadi kesepakatan antara penjual dan pembeli, saham tersebut di-transfer dari pemilik saham yang lama ke pemilik saham yang baru.

6.Saham yang diperdagangkan di bursa saham biasanya diawasi oleh otoritas pengawas, seperti Securities and Exchange Commission (SEC) di Amerika Serikat atau Financial Conduct Authority (FCA) di Inggris. Otoritas tersebut bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perdagangan saham dilakukan secara adil dan transparan.

7.Harga saham di pasar saham dapat berfluktuasi tergantung pada kinerja perusahaan, kondisi ekonomi, dan faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi permintaan dan penawaran di pasar.

8.Investor dapat menghasilkan keuntungan dari kenaikan harga saham di pasar saham. Namun, investasi di pasar saham juga memiliki risiko, karena harga saham dapat turun dan investor dapat kehilangan sebagian atau seluruh modal yang diinvestasikan.


Saham merupakan satu dari sekian banyak pilihan investasi. Semakin banyak diminati oleh semua kalangan, bahkan telah merambat kepada mahasiswa sampai ibu rumah tangga. Sosialisasi serta akses yang semakin mudah, menjadi sarana bagi siapa saja untuk bisa turut main saham dimana saja.
Mengenal Apa Itu Bursa Saham Dan Contohnya
Mengenal tentang apa itu bursa saham



Diatur dan teratur, aman dan efisien menjadikan saham sebagai sebuah instrumen paling atraktif setelah deposito, obligas, properti dan emas. Setidak nya dilihat dari volume transaksi perdangangan yang terus meningkat dari waktu kewaktu. Hampir setiap negara memiliki bursa saham,dengan pengkodean indeks saham sendiri. Misalnya beberapa bursa saham yang cukup buming terdengar ditelinga kita, indeks nikkel jepang, indeks hang seng hong kong, indeks kospi korea dan indeks dow jones amerika.





Intinya bursa saham mencerminkan kemajuan perekonomian suatu negara. Bursa berperan sebagai media mempertemukan berbagai pihak yang saling membutuhkan antar perusahaan, investor, dan negara. Perusahaan berkomitmen membagi sebagian porsi saham yang dimilikin nya kepada publik, dengan kompensasi mendapatkan dana segar guna mendukung operasionalisasi dan pengembangan perusahaan nya. Dengan demikian pemerataan pendapatan masyarakat semakin meningkat seiring pula dengan semakin baik nya perekonomian suatu negara.



Sama hal nya dengan mall yang menyediakan banyak produk pilihan, lebih 400 saham diperdangangkan setiap hari dibursa efek indonesia. Meski tidak semua nya aktif, dengan nilai transaksi perdangangan rata-rata mencapai tiga hingga lima triliun rupiah. Terus tumbuh dan semakin bergairah di bandingkan tahun-tahun sebelum nya.



Waktu transaksi bursa


Hari bursa berlangsung dari senin sampai dengan jumat, kecuali libur nasional atau libur bursa yang jadwalnya diatur oleh badan pengawas pasar modal. Setiap harinya jadwal perdangangan dilantai bursa dilakukan dalam dua sesi:


Hari sesi 1 (wib) sesi 2 (wib)


Senin-kamis 09:30-12:00 13:30-16:00


Jumat 09:30-11:30 14:00-16:00



Penyelesaian transaksi saham 
Sejauh ini, mesti memang belum jelas mengapa penyelesaian transaksi jual atau beli saham selama tiga hari setelah transaksi terjadi atau done, padahal seharus nya bisa lebih cepat kalau mau. Perusahaan sekuritas butuh waktu sehari lebih lama untuk proses pembayaran ke sro (self regulatory organization) dalam hal ini, kpei (kliring penjaminan efek indonesia), dan ksei (kliring sentral efek indonesia)


Satuan perdangangan (lot)


Sesungguh nya tak ada batasan minimal pembelian saham. Hanya untuk mempermudah perdangangan, bei mengeluarkan istilah lot, yaitu satuan perdangangan. Dan pembelian suatu saham adalah satu lot yang berarti 500 lembar saham.


Sebagai contoh, anda ingin membeli saham PT Smad (sentra mitra alih daya) pada harga Rp 2000, maka dana minimal yang harus anda sediakan untuk memiliki saham tersebut adalah 500 lembar saham x1 lot x Rp 2000, sejumlah 1juta rupiah.


Saham yang jumlahnya kurang dari 500 lembar dapat diperdangangkan di pasar negosiasi.

Perubahan harga saham (fraksi)


Sejak awal januari 2005,bei menetapkan kebijakan baru terkait fraksi harga saham, yang bertujuan untuk meningkatkan likuiditas bursa.



Harga fraksi



Rp200s/d


Rp500s/d


Rp2000s/d


> Rp5000 Rp 50



Fraksi perubahan harga saham, menentukan besaran perubahan harga yang diperbolehkan pada suatu saham. Artinya saham yang berharga dibawah Rp 200 boleh berubah dengan pecahan Rp 1.


Pajak


Aturan berkaitan pajak selalu berubah, oleh karena nya, investor wajib memahami pajak apa saja yang dibebankan dalam setiap perdangangan saham.


Pertama, investor akan dibebani biaya komisi beli dan jual sekitar 0,15 dan 0,25 persen dari transaksi yang terjadi.


Kedua, levy yaitu biaya yang dikeluarkan investor sebesar 0.033 persen untuk bursa efek indonesia.


Ketiga, vat yaitu biaya yang dikeluarkan investor untuk ksei (kustodian sentral efek indonesia) sebesar 0,01


Keempat, biaya yang dikeluarkan investor untuk kpei sebesar 0,01 persen.


Kelima, kapital gain tax atau pajak penghasilan, yaitu pajak penghasilan atas transaksi jual sebesar 0,1 persen.


Keenam, pajak deviden pajak yang dibebankan kepada investor sebesar 20 persen dari setipa deviden yang diterima.


Total dari seluruh beban komisi dan pajak yang ditanggung investor dari setiap beli dan jual biasanya adalah sekitar 0,25 sampai dengan 0,35 persen. Diluar pajak deviden.

Auto rejection


Guna mengatur pelaksanaan perdangangan saham yang teratur, wajar dan efisien, januari 2009 badan pengawas pasar modal mengeluarkan aturan pembatasan penawaran tertinggi dan terendah atas suatu saham (auto rejection)


Harga Auto rejection


Rp 50s/d Rp 200 35%


Rp 200s/d < Rp 5000 25%


> Rp 5000 20%


Sebagai contoh, saham A seharga Rp 100, maka batas penawaran tertinggi adalah Rp 135 dan batas terendah adalah Rp 65. Pesanan anda akan gagal atau ditolak jika melakukan penawaran diatas harga Rp 136 atau dibawah harga Rp 64.


Dunia internet. Akan selalu berbagi dan saling memberikan pengetahuan atau inspirasi buat sahabat semua yang akan menjadikan modal pengetahuan sebagai modal kesuksesan


Terimah kasih.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak