-->

Hati-Hati Modus Penipuan Online,Saldo Kamu Bisa Dikuras Habis

 Olahaninternet.my.id ,Hati-Hati Modus Penipuan Online,Saldo Kamu Bisa Dikuras Habis.Bentuk kejahatan dan penipuan keuangan Itu tentunya selalu saja berubah bentuk seiring dengan perkembangan teknologi.


kalau jaman dulu, mungin kita sering dengar yang namanya penipuan di atm,terus penipuan sms mama minta pulsa,penipuan sms iming-iming dapat hadiah,penipuan email seperti halnya nigerian scam dan masih banyak yang lain.

Hati-Hati Modus Penipuan Online,Saldo Kamu Bisa Dikuras Habis
Penipuan Digital(Hacker)


Korban-korban itu dimanipulasi psikologisnya untuk megikuti keinginan si penipu dan ujung-ujungnya mengalami kerugian uang.


Beberapa tahun terakhir kejahatan keuangan itu makin marak, dalam dunia digital khususnya dalam upaya menjebol password email akun ecommerce dan juga layanan dompet online.


Pada Pembahasan Artikel ini akan membahas cerita Tentang 5 skenario modus penipuan keuangan digital yang sudah sangat meresahkan dan telah menelan banyak korban.


Semoga  Dengan Topik Bahasan  ini bisa bermanfaat dan mencegah lebih banyak korban lagi di masa depan.


oh ya sebelumnya aku mau mengucapkan Terimakasih sama GoPay karena sudah memberi banyak insight terkait kasus-kasus penipuan juga berbagi tips supaya kita bisa menghindari penipuan digital yang lagi marak terjadi.


Hati-Hati Modus Penipuan Online,Saldo Kamu Bisa Dikuras Habis


kita mulai dari penipuan yang pertama yaitu Modus Merchant atau Toko Bodong


modus penipuan merchant bodong itu ada banyak macamnya dan seringkali mencari barang yang lagi ngetren.


contohnya pas awal pandemi banyak banget merchant bodong yang jual masker dan alkes murah,belakangan ini modus itu marak mengincar para gamers.


penipu biasanya berpura-pura jadi merchant atau penjual voucher atau item game gitu yah, kayak skin dan diamond mobile legend yang harganya tuh murah banget di bawah harga pasar yang berlaku seperti biasanya.


Seringkali para korban tidak mengecek terlebih dahulu akun penjual lebih lanjut,dan langsung bayar aja transfer via GoPay atau metode transfer lain.


Setelah dapat uang kiriman uang dari korban

penipu bakalan mengilang gitu aja dan memblokir nomor juga serta akun media sosial korban.


Untuk itulah buat temen-temen gamers pastikan,kamu selalu beli item game langsung dari aplikasi.


"kan nyesek banget yah tadinya mau dapet item di bawah harga standard eh... uangnya malah hangus dibawa lari penipu".



kita lanjut ke Penipuan Yang Ke Dua Yaitu Modus Dengan Menakut-nakuti


Modus penipuan itu pake tekanan psikologis Untuk  Menjebak para korbannya.para penipu merekayasa sebuah situasi buat bikin korban itu panik sehingga akhirnya melakukan tindakan yang diinginkan sama penipu.


salah satu modus yang dulu populer itu adalah penipuan telepon dengan rekayasa situasi emergensi,biasanya penipu ini mengaku dari rumah sakit dan mengatakan kalau ada keluarga yang mengalami kecelakaan dan harus segera melakukan tindakan emergensi.

supaya tindakan emergensi itu bisa segera dilakukan,penipu bakalan minta calon korban untuk mentransfer sejumlah uang ke alamat rekening tertentu.


padahal tentu saja situasi itu cuma sebuah rekayasa yang dibangun buat menjebak anggota keluarga yang panik dan akhirnya melakukan transfer sejumlah uang ke pihak penipu.


modus yang sama juga sering terjadi, di era digital belakangan ini biasanya penipu ini akan menelpon korban dengan mengatasnamakan dirinya dari pihak Gojek dan mengatakan kalau saldo GoPay korban terpaksa dibekukan atau bahkan dihanguskan karena korban terlalu banyak membatalkan order atau meng-cancel order.


nah, supaya saldo gopay-nya itu tidak dibekukan penipu yang mengaku dari pihak gojek ini bakalan menawarikan bantuan dengan cara me-reset akun GoPay tersebut.


tapi, mereka bakalan minta kode OTP sebagai prosedur verifikasi data padahal,sebagaimana yang sudah sering di ingatkan bahwa kode OTP itu TIDAK BOLEH SAMA SEKALI dikasih ke siapapun termasuk kepada mereka yang mengaku dari pihak perusahaan atau bahkan kepolisian.


karena begitu kode OTP didapat oleh si pelaku tersebut bisa masuk ke akun dompet online kita

dan menguras saldo kita.


kita lanjut ke yang ke tiga yaitu Modus Hadiah Pemenang Berupa Saldo Dompet Online


kalau sebelumnya kan penipu tuh pakai trik psikologis dengan menakut-nakutin korbannya

kali ini tuh sebaliknya penipu pakai jebakan psikologis buat bikin korbannya merasa senang banget karena sudah Mendapatkan keberuntungan dari undian tertentu dengan hadiah berupa saldo dompet online.


awalnya,korban tersebut bakalan dapat SMS dulu dari nomor gojek yang berisi kode OTP beberapa detik kemudian pelaku langsung menelepon korban dan mengaku dari pihak Gojek sambil mengucapkan "selamat sebagai pemenang undian"atau "mendapatkan hadiah saldo GoPay dari Gojek".


karena beberapa detik sebelumnya korban dapat sms dari nomor official gojek jadi secara psikologis korban menyangka kalau pihak yang menelpon itu memang betul dari pihak official gojek padahal sebetulnya pelaku tersebut sudah masuk duluan ke aplikasi Gojek pake nomor handphone korban.


Jadi sms kode OTP  bakalan masuk, ke handphoe korban setelah itu, barulah penipu langsung nelpon korban dan bilang "selamat karena udah dapet hasiah saldo GoPay".


setelah mengucapkan selamat,pelaku semakin bikin korbannya yakin dengan bilang kalau ada SMS terbaru dari Gojek yang berisi 4 angka pin pemenang dan akhirnya meminta kode tersebut sebagai verifikasi pemenang.begitu kode OTP didapat,pelaku bisa masuk ke akun Gojek dan menguras saldo korban.


kita masuk ke penipuan ke empat yaitu Modus Akun Dompet Online Lagi Gangguan Teknis


Modus penipuan itu tujuannya adalah menggiring korban buat melakukan transaksi di luar aplikasi resmi biasanya hal ini dilakukan ketika calon korban lagi pake layanan aplikasi pesan antar makanan.


jadi calon korban ini tiba-tiba dapat telpon nih, dari penipu yang mengaku sebagai driver dan garang cerita gitu, kalau sistem kasir lagi mengalami gangguan teknis.


penipu itu tuh terus minta buat ditransfer ke rekening atau ke dompet digital tertentu


kadang juga minta kode OTP korban nih, dengan alasan supaya makanannya bisa di proses padahal tentu saja semua itu cuma cerita karangan dari penipu buat menipu korbannya.


dan yang terakhir adalah modus penipuan Berkedok Akun Medsos Palsu


Ada banyak banget akun medsos palsu yang mengatas namakan perusahaan ternama contohnya nih,kayak bank tertentu termasuk juga dompet online seperti gopay,link aja,dana,ovo,dan lain sebagainya.


salah satu akun palsu yang bisa kamu temukan itu adalah @gopayID,@g0payindonesia, dan lain sebagainya


sementara nih akun gopay yang asli ataupun akun medsos perusahaan lain yang resmi itu pasti ada tanda verifikasinya,kamu Coba perhatikan,sering banget akun medsos produk-produk layanan itu jadi sasaran keluhan para pelanggan.


nah...kebiasaan user ini dimanfaatkan sama penipu yang membikin akun medsos palsu dengan membuat link formulir laporan keluhan pelanggan banyak korban yang sedang mengalami kendala aplikasi tuh mengisi formulir tersebut tanpa mengecek lebih lanjut.


ternyata tanpa sadar user ini mengisi data pribadi mereka dalam formulir itu dan akhirnya dijadikan sasaran target kejahatan penipuan online.karena dalam pengisian tersebut, sering banget kita, dimintai nomor handphone nama ibu kandung, tgl lahir, no KTP, foto, dll.


jadi jangan lupa sebelum kamu menyampaikan keluhan, menulis nomor handphone, dll pastikan akun itu verified yang sudah dicentang di ID-nya.


nah, masih terkait sama akun medsos palsu ada juga nih, modus yang berbeda di telegram modus penipuan di telegram itu biasanya menjanjikan saldo dompet online gratis.


jadi  korban bakalan diarahkan untuk menyebarin link referal bot tersebut sebanyak-banyaknya.


mereka diiming-imingi bahkan dapat transfer saldo dompet online setiap kali ada orang yang mengklik link tersebut.


ternyata,korban tuh perlu mentransfer sejumlah uang dulu ke pemilik bot yang diklaim sebagai fee/pajak buat penarikan dana saldo GoPay gratis tersebut.


pelaku juga mengirimkan gambar bukti bahwa ia sudah mentransfer saldo GoPay gratis padahal gambar tersebut tentu saja cuma rekayasa.

Memang penipuan ini biasanya cuma mewajibkan pembayaran yang tidak terlalu besar tapi justru itu adalah taktik licik mereka supaya lebih banyak korban yang tidak berpikir panjang buat transfer sejumlah uang ke para penipu.


nah, buat kamu yang punya pengalaman unik atau cerita skenario penipuan digital bisa ceritakan dan bagikan pengalaman kamu ya, di kolom komentar.supaya kita bisa sama-sama mencegah terjadinya penipuan seperti ini lagi di masa depan.


GoPay sendiri punya tips nih, buat menjaga keamanan kita dari pelaku penipuan digital tips-nya adalah JAGA


J - A - G - A


J - jangan transfer di luar aplikasi selalu transaksi di  aplikasi  resmi dan jangan sembarang transfer ke nomor yang tidak dikenal


A - Amankan data pribadi (seperti no identitas, tanggal lahir, nama ibu kandung, dsb)


G - Gunakan PIN atau biometrik seperti fingerprint atau verifikasi muka supaya transaksi kamu jadi lebih aman


A - adukan hal mencurigakan ke alamat bantuan resmi kayak media sosial yang terverifikasi dengan centang biru kayak gini atau kalau buat GoJek kamu bisa nih, hubungin ke customerservice@gojek.com atau call center resmi ini ya


Itulah pengetahuan tentang "Modus Penipuan Online,Saldo Kamu Bisa Dikuras Habis yang harus kamu ketahui.

0 Response to "Hati-Hati Modus Penipuan Online,Saldo Kamu Bisa Dikuras Habis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel