-->

Faktor Yang Berpengaruh Dalam Perkembangan Token Crypto Asal Indonesia

 Olahaninternet.Faktor Yang Berpengaruh Dalam Perkembangan Token Cryto Asal Indonesia.di Artikel kali ini, aku mau bahas tentang crypto lagi, khususnya tentang token crypto asal Indonesia yang peluncurannya cukup bikin heboh beberapa waktu lalu.

 Yang akan aku bahas di sini adalah toko token atau yang lebih dikenal dengan nama TKO dari tokocrypto jadi gini, setiap peluncuran coin atau token crypto selalu punya rasa excitement sekaligus rasa was-was tersendiri di kalangan para user, trader, maupun investornya.  kira-kira, peluncurannya bakal berhasil nggak ya ? mungkin sebagian besar penggemar kripto sudah pada hafal nih, udah tau banget kalau harga sebuah token yang baru diluncurin tuh pasti bakalan berfluktuasi cukup tajam di beberapa hari setelah peluncurannya.

 Tidak jarang harga token bisa mengalami kenaikan ratusan bahkan sampai ribuan persen di hari peluncuran sampai beberapa hari setelah peluncurannya.memang di periode itu, aktivitas para trader jangka pendek lagi tinggi banget soalnya mereka lagi memanfaatkan momentum euforia dari peluncuran sebuah token.


nah...Pada Bahasan kali ini, aku mau kita sama-sama mengupas penerbitan sebuah token khususnya TKO secara lebih mendalam bukan cuma sebatas fluktuasi. harga di minggu pertama perdagangan doang sebagai token exchange dari tokocrypto fungsi dari TKO ini kemungkinan besar bakal jadi gateway atau penghubung buat semua program partnership dan juga inovasi dari tokocrypto sebagai exchange buat jual beli aset crypto di masa depan.

  pertanyaannya sekarang kira-kira penggunaan tokennya bakalan aktif dalam jangka panjang atau Tidak? dan apa harga TKO tersebut bisa stabil, bahkan cenderung terus bertumbuh dalam jangka panjang ? kayak token exchange besar lain yang bisa dibilang cukup sukses,untuk menerapkan fungsinya ataupun jaga pertumbuhan harganya contohnya  kayak BNB dari Binance, FTT dari FTX, HT dari Huobi, KCS dari Kucoin, dll terus... gimana nih dengan TKO ? okey... kali ini aku bukan mau mengasih perkiraan atau estimasi tentang perkembangan harga TKO tapi aku justru mau mengajak sobat semua buat mengerti tentang faktor apa aja sih yang berpengaruh dalam perkembangan token di jangka panjang ? entah itu dari sisi penggunaan atau utilitasnya ataupun dari sisi pertumbuhan harganya.

Faktor Yang Berpengaruh Dalam Perkembangan Token Crypto Asal Indonesia
Bitcoin


Dibahasan ini aku mau mengambil contoh TKO sebagai token crypto hasil ciptaan dari tim pengembang dari tokocrypto semoga artikel ini bisa jadi patokan, buat sobat semua untuk menginvestigasi lebih jauh setiap project token atau coin yang bakalan terbit di masa depan.


  Secara garis besar, ada 5 faktor yang bisa kita cermati dalam menelaah penerbitan sebuah project token tertentu kita bahas satu per satu yang pertama, kita harus tau dulu nih apa sih visi jangka panjang dari token tersebut ? hal pertama ini penting banget buat kita tau karena tentu saja, ini tuh bakalan jadi landasan kita buat bisa tau konsistensi dari pengembangan token ini dalam jangka panjang kalau misalanya dari visinya aja tuh project tokennya terkesan kurang realistis atau terlalu mengada-ngada ya tentu itu bisa jadi pertimbangan tersendiri buat para user, trader, ataupun investor yang mau hold jangka panjang buat TKO sendiri, aku sudah coba nih, cari tahu dari litepaper versi 2 yang terbaru dari pemaparan di binance summit dan juga dari sumber official dari tokocrypto secara garis besar, aku bisa lihat nih, kalau tokocrypto tuh punya ambisi buat bikin TKO sebagai gateway pusat untuk semua ekosistem smart contract di Indonesia entah itu yang berbentuk decentralize finance atau Defi, ataupun centralize finance termasuk juga project crypto art yang bentuknya tuh non-fungible token atau NFT jadi idealnya kalau misalnya semua pengembangan ini berhasil TKO tidak cuman main di exchange tokocrypto doang tapi juga bisa berkolaborasi sama banyak ekosistem di binance smart chain contohnya seperti yang udah diumumikan sama pancake swap di twitter minggu lalu.


Sekarang kita lanjut ke poin berikutnya apa sih fungsi dari token tersebut ? kalau misalanya kita mau melihat dari kacamata jangka panjang,tentu fungsi dan utilitas dari token itu krusial banget buat jadi nafas sebuah project soalnya dengan adanya fungsi yang nyata banyak orang yang bakalan terus membutuhkan beneran dan make token itu untuk aktivitasnya dalam blockchain kita ambil contoh misalanya tuh BNB dari binance yang sukses banget membuat  para usernya terus membutuhkan BNB dalam setiap bentuk eksekusi smart contract di binance smart chain apalagi sampai detik ini nih, harga gas fee dari BNB tuh bisa dibilang paling murah kalau misalnya dibandingkan sama ekosistem yang lain.


terus... gimana nih, dengan TKO ? sampai saat ini aku masih menunggu nih penerbitan whitepaper versi 2 dari tokocrypto buat lebih mengelaborasi sisi fungsionalitas dari TKO ini tapi kalau yang aku lihat dari litepaper dan juga wawancara di binance summit aku bisa lihat, kalau TKO tuh sejauh ini sudah merencanakan punya 4 komponen fungsi.yang pertama yang paling basic itu adalah sebagai token exchange dimana hampir semua bentuk aktivitas di tokocrypto tuh ke depannya, kemungkinan besar bakalan melibatkan TKO tentunya pihak developer bakalan bikin skema insentif yang menarik supaya penggunaan TKO di exchange tokocrypto itu bisa dapatkan benefit atau manfaat ekonomis lebih.

Misalnya  kayak diskon fee trading, stacking, airdrop, pembelian merchandise sebagai prasyarat buat dapatkan airdrop, bisa juga buat menebus merchandise, dll.

 Yang kedua, TKO  juga bisa dipake nih, sebagai aset dalam program deposito aku lihat skemanya ini tuh mirip banget sama di binance earn dimana kamu tuh bisa menyimpan BNB kamu dalam saving program dan dapatkan imbal hasil dengan nilai yang cukup menarik dalam periode 90 hari atau bisa juga nih, kamu ambil opsi yang bisa dicairkan kapan aja tapi dengan imbal hasil lebih kecil.

Nah, sampai sekarang aku masih menunggu, skema yang lebih detil buat TKO di dalam whitepapernya atau di pengumuman selanjutnya kalau misalnya udah ada pengumumannya, pas kamu membaca tulisan ini, kabari di kolom komentar ya...

 yang ketiga disebutkan juga nih, kalau TKO tuh bakalan terintegrasi di banyak platform decentralized finance atau DeFi yang kemungkinan besar adalah project-project yang ada di ekosistem Binance Smart Chain kayak Pancake, Venus, Autofarm, dll.

 Secara umum, integrasi atau kolaborasi sama project lain nih, yang lagi berkembang tuh selalu jadi sinyal yang positif buat pengembangan sebuah token karena itu artinya, ya bakalan ada cross users dan adaptasi yang lebih meluas penggunaan token tuh juga bisa dipicu nih, supaya makin aktif dan bikin likuiditasnya jadi makin sehat sampai artikel ini dibikin, yang udah official mengasih pengumuman tuh adalah pancakeswab dan juga bakeryswab jadi saat ini, kamu bisa staking cake dan juga bake buat dapetkan TKO nah, ngeliat kolaborasi TKO yang udah gercep banget sama ekosistem di binance kemungkinan nanti ke depannya bakalan ada nih project Defi lain yang bakalan berkolaborasi sama TKO kita tungguin aja ya...

 dan yang keempat, disebutin juga nih, kalau TKO tuh secara khusus pengen berperan aktif dalam landscape NFT di Indonesia sebagai payment gateway antara creator dari crypto art dan juga para audiensnya bagian ini sebetulnya cukup menarik nih soalnya aku sendiri tuh lagi banyak ngulik potensi meluasnya project NFT di berbagai use scenario sebagai catatan aja project2 NFT ini tuh punya potensi adaptasi audiens mainstream yang jauh lebih luas ketimbang dari DeFi karena NFT ini itu bukan lagi soal seni digital doang tapi udah berkembang ke dunia game MMO atau Massive multiplayer online dengan nawarin kepemilikan unik terhadap item-item yang rare dan juga social tokens.


seperti contohnya tuh kayak club sepak bola Barcelona yang mempromosiin fan tokennya atau ada juga program NBA Top shoots di Amerika yang melelang ownership records dari cuplikan momentum NBA yang bersejarah wah, lumayan banyak juga ya use casenya ya si TKO ini eits ! tapi semua itu tuh masih dalam bentuk rancangan tentu kita jangan langsung percaya gitu aja ada baiknya kita tuh harus tetap monitor setiap perkembangannya sambil mengawal gitu realisasi dari semua project ini.

nah... buat bisa ngawal project tentu langkah selanjutnya tuh adalah tau roadmap pengembangannya di dokumen litepaper versi 2 ini kita bisa lihat nih, gimana sih rencana pengembangan mereka yang dibedah per kuartal kalau dari yang tertulis di sini nih.. bisa dibilang mereka tuh udah punya gambaran gitu apa aja sih jadwal pengembangan mereka sampai senggaknya di akhir tahun 2022 di sini kita bisa lihat nih kalau di tahun 2021, TKO tuh diagendakan buat langsung masuk ke project NFT terus nyusul pengembangan sebagai crypto wallet digital di Indonesia di tahun 2022.

kelihatan juga nih, kalau TKO tuh diarahin dalam banyak program keuangan dimana TKO tuh bisa berfungsi sebagai jaminan atau kolateral dari pinjaman tersebut user tuh juga berkontribusi pada liquidity pool dari TKO dengan mendapatkan imbal hasil oke, disini kita bisa lihat nih kalau tim develover dari TKO tuh udah dapet bayangan senggaknya sampai akhir tahun 2022 itu mau ngapain aja sih nah... tahap selanjutnya yang perlu kita cermatin adalah sejauh mana nih keseriusan dari tim developer ? keberlangsungan sebuah project, khususnya dalam jangka panjang tentu bakalan sangat bergantung gitu sama kualitas tim dan juga komitmen mereka buat ngerealisaiin semua visi dan juga ambisi yang pengen dicapai ya percuma aja gitu, kalau kita punya rencana yang rapih banget punya roadmap sampai 5 tahun ke depan, punya whitepaper yang detil tapi kalau misalnya timnya tuh ngak berkomitmen ya projectnya bakalan terbengkalai dan para users juga bakalan ngak berminat lagi sama tokennya terus... gimana dengan tim dari tokocrypto


 jujur aja aku ngak mau jadi hakim buat ngejudge terlalu cepat soalnya tentu cuman waktu aja gitu ya yang bisa ngebuktiin tapi senggaknya mungkin kita bisa lihat nih, keseriusan dari tim tokocrypto dari gimana sih skema penjatahan dan pembagian TKO buat tim developer mereka sendiri dalam pembuatan sebuah project nih, biasanya tim developer tuh tentu ngarepin bisa ikut nikmatin hasil jerih payah mereka dengan punya aset dari token yang mereka terbitin tapi masalahnya tentu jangan sampai nih, skema distribusi token buat tim developer tuh terlalu cepat dan bikin tim developer ngak serius lagi buat ngembangin projeknya dan akhirnya projeknya malah terlantar tanpa ada kejelasan lebih lanjut terus... gimana dong caranya supaya kita tuh bisa mastiin tim developer benar-benar serius berkomitmen dan juga ngawal realisasi project ini sampai sukses dalam jangka panjang ? nah... biasanya nih khusus buat tim pengembang itu, token yang jadi hak mereka bakalan terkunci nih dan cuma bisa dicairin secara berkala selama beberapa tahun ke depan skema ini biasanya diikat dalam bentuk smart contract yang sifat transparan jadi publik tuh bisa ikut ngawasin juga, wallet address dan ngeliat gitu yah secara real time gimana sih pergerakan aset di wallet address tim developer nah, gimana sih dengan tim developer dari TKO itu sendiri ?


 dari dokumen litepaper ini kita bisa lihat nih skema distribusi bertahap dari TKO khususnya gimana sih jatah buat tim developer di baris paling bawah kita juga bisa lihat kalau tim developer tuh baru bisa jual TKO mereka setelah 12 bulan dari peluncuran itupun ngak langsung bisa dijual semua tapi cuma sebagian doang sisanya baru bisa dijual secara bertahap 1 tahun sekali selama 5 tahun ke depan.

dari skema ini ya tentu kita bisa lihat gitu yah, bentuk komitmen dan juga keseriusan dari tim developer TKO karena tentunya mereka juga berkepentingan nih, buat terus ngerealisasiin use case dari TKO supaya adaptasinya tuh makin luas demand factornya makin banyak dan harganya tuh bisa terus bertumbuh naik supaya nanti ketika TKO mereka di-unlock, mereka bisa dapetin keuntungan dari jerih payah mereka okey... sekarang kita masuk ke faktor terakhir yang bisa berpengaruh terhadap penerbitan sebuah token yaitu kestabilan harga bitcoin dan juga tingginya volume aktivitas crypto pada umumnya buat kamu yang udah lama gitu ya ngikutin crypto, tentu kamu tau nih kalau bitcoin tuh selalu menjadi tolak ukur dan denyut jantung dari crypto secara luas walaupun mungkin ke depannya ada banyak project lain selain bitcoin yang lebih menarik nih dari sisi penggunaannya bitcoin tuh selalu jadi sinyal utama dan bahkan dianggap sebagai bentuk safe haven crypto yang udah teruji sama market selama lebih dari 1 dekade terus... gimana nih, dengan proyeksi bitcoin di tahun-tahun ke depan ? 


Ni jujur aja aku ngak bisa prediksiin secara pasti tapi secara historis, siklus bullish bitcoin tuh biasanya berlangsung selama 12-18 bulan setelah halving atau (siklus 4 tahunan) sampai April 2021 bullish period bitcoin tuh dinilai baru berjalan selama 5 bulan dan baru masukin bulan ke-6 di luar dari pola historis itu ada banyak agenda besar crypto yang bakalan diluncurin di tahun ini sampai awal tahun depan misalnya tuh solusi layer 2 ethereum yang mulai meluncur satu per satu di Q1-Q2 2021 terus ada juga EIP-1559 yang bakalan launching di bulan Juli 2021 dan ngubah ethereum jadi deflationary asset belum lagi ada banyak juga nih agenda dari sidechains saingannya ethereum kayak cardano, polkadot, solana, yang mulai bergerak di Q3 tahun 2021 oke... mungkin itu aja nih, pembahasan dari aku.

di artikel ini semoga bahasan ini bisa jadi tambahan insight dan juga ilmu baru buat kamu semua aku pribadi berharap nih, kalau TKO tuh bisa jadi salah satu pembuktian buat developer Indonesia untuk bisa jadi pelopor buat adaptasi crypto di Indonesia tapi tentunya harapan itu tuh harus sama-sma kita kawal bersama mari kita support developer dari Indonesia kita kawal dan kita kritik mereka secara membangun buat kamu yang berencana hold TKO dalam jangka panjang pastiin nih, kamu baca dulu whitepapernya pahami betul gitu yah arah projectnya dan kawal terus pengembangan tokennya supaya harganya bisa bertumbuh dengan sehat buat topik crypto berikutnya,.

0 Response to "Faktor Yang Berpengaruh Dalam Perkembangan Token Crypto Asal Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel