Rekomendasi Tempat Jual Beli Bitcoin Terpercaya

 Olahaninternet.my.id "Belakangan ini dunia cryptocurrency lagi heboh-hebohnya khususnya buat mereka yang biasa trading kripto ataupun yang punya aset krypto,seperti bitcoin dan ethereum dalam jangka panjang.

Terus Dimana saja Kita bisa trading trading kripto berupa Bitcoin maupun erherum dalam jangka panjang nah,berikut ini adalah "Rekomendasi Tempat Jual Beli Bitcoin"


Apakah kamu sudah cek belum,berapa sih harga bitcoin sekarang?kisaran harga 1 bitcoin itu sudah melewati rekor tertinggi sebelumnya dalam rupiah

kalau di tahun 2017,  rekor tertingginya itu adalah 260 juta rupiah hari ini nih, di tgl 25 April, bitcoin itu sudah menyentuh harga ±761 juta rupiah!


Oh ya, sebelumnya kami juga sudah pernah membahas tentang sejarah bitcoin dari awal diciptakan sampai harganya mencapai ratusan juta rupiah

Rekomendasi Tempat Jual Beli Bitcoin
Bitcoin mata uang kripto


Pas Tulisan Yang kami susun tentang Sejarah Bitcoin waktu itu,harga bitcoin saat itu masih sekitar 130juta an dan sekarang harganya sudah naik sampe ±761 juta rupiah.


Artinya nih, cuma dalam waktu sekian bulan doang harganya itu naik lebih dari 2,5x lipat!!

Luar biasa banget ya kalau misalnya kamu beli bitcoin diwaktu pembahasan di artikel sejarah bitcoin sekarang kamu sudah profit lebih dari 150%

"Nah, biasanya kalau harga bitcoin sudah naik kayak gini banyak orang-orang yang nanya"harganya masih bakalan naik lagi gak nih?"


"terus, kalo mau jual-beli bitcoin yang aman dimana ya?""kalo mau trading kripto, emangnya paling bagus di platform apa sih?"Nah, pada Artikel kali ini aku mau bahas tentang 3 poin tersebut secara mendalam.


Seperti biasa, semua pembahasannya bakal aku kupas berdasarkan data dan referensi yang objektif.Oke deh kita mulai pembahasannya dari poin yang pertama Kira kira, harga bit coin masih bisa naik lagi ga nihh?


oke buat jawab pertanyaan ini,  tentunya aku gak bisa jawab secara pasti soalnya pada dasarnya kan kita gak bisa tau gitu, apa yang bakal terjadi masa depan.


Tapi setidaknya,kita bisa coba memprediksi masa depan berdasarkan data dan pola-pola yang sudah terjadi di masa lalu.


Kalau kita bicara dari sisi teknikal  dan price action doang nih kita tuh bisa coba melihat pola secara historis dimana ketika bitcoin menyentuh harga tertinggi sebelumnya biasanya setelah itu pergerakan harganya bakalan naik secara agresif.


Salah satu contohnya itu terjadi di bulan Februari 2017 dimana harga bitcoin untuk pertama kalinya menyentuh rekor tertinggi sebelumnya di Desember 2013.


Setelah harga terbaru berhasil nembus rekor tertinggi sebelumnya harganya bitcoin itu menanjak sangat agresif sampai berbulan-bulan kemudian.


Hal yang serupa juga terjadi di bulan November tahun 2013 pas harga bitcoin  nembus rekor tertinggi sebelumnya yaitu di bulan April 2013 harganya  cenderung naik secara agresif.


Terus di bulan Januari 2013 juga terjadi pola yang sama Pas harga bitcoin kembali menembus rekor tertinggi sebelumnya di Agustus tahun 2012 lagi-lagi harga bitcoin  naik dengan signifikan


Dengan melihat data ini apakah harga bitcoin bakalan naik secara signifikan? kalau meneliti dari sisi historis memang ada potensi ke arah sana.


Tapi kamu perlu hati-hati juga,karena bisa jadi harganya bakalan koreksi dulu seperti yang pernah terjadi di bulan Januari sampe Februari 2017.


Terlepas dari potensi kenaikan atau penurunan harga bitcoin di masa depan mungkin ada diantara kamu yang penasaran di platform apa sih, kita bisa melakukan transaksi jual-beli atau trading crypto currency seperti bitcoin, ethereum, litecoin, dan lain lain?


Oke, pada dasarnya kita bisa melakukan trading dan jual-beli kripto melalui media exchange.


Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa exchange

yang menawarkan fitur jual-beli aset kripto dengan pairing mata uang Rupiah.


Oh ya bagi kamu yang mungkin belum tahu di Indonesia itu aktivitas jual-beli aset kripto seperti bitcoin, ethereum, dll itu legal dan tidak dilarang dimana regulasi perdagangan cryptocurrency itu ada di bawah naungan Bappebti yang mengatur Perdagangan Berjangka Komoditi.


Sekarang mungkin kamu mulai mikir exchange mana nih yang kira-kira paling oke buat jual beli kripto kayak bitcoin?


Sebetulnya sampai saat ini udah ada 13 exchange yang terdaftar resmi di Bappebti di luar 13 itu sebetulnya ada banyak banget gitu ya, exchange kripto lain tapi kalau aku pribadi lebih nyaman kalau menyebut exchange yang terdaftar resmi.


Setidaknya exchange ini udah diawasi dan teregulasi di Indonesia.Nah dari 13 exchange tersebut tentunya semuanya punya keunggulan dan kekurangannya masing-masing.


ada yang fee transaksinya murah,ada yang fitur tradingnya lengkap,ada yang fokus di user interface yang nyaman ada juga yang fokus buat bikin sistem keamanan yang canggih Semua kelebihan itu pada akhirnya balik lagi  ke selera dan pilihan kamu.


Tapi supaya kamu lebih gampang menilai mana sih yang cocok buat kamu aku mau coba ulas 5 exchange yang cukup populer di Indonesia ada Indodax, Tokocrypto, Pintu, Luno, dan Rekeningku.


Nah buat membandingkam 5 exchange itu aku bikin beberapa aspek yang menurut aku penting gitu, buat user exchange, khususnya para trader.


yang pertama dari sisi biaya yang dibebankan ke user, mulai dari biaya transaksi, biaya deposit, sampe biaya withdraw.yang Kedua dari sisi kelengkapan aset kripto yang diperdagangkan di masing-masing exchange.yang ketiga itu dari sisi fitur tradingnya.yang keempat dari spread harga beli dan harga jual.dan yang kelima dari aspek teknologi keamanan yang diimplementasikan.


Oke kita mulai dari poin yang pertama yaitu biaya layanan yang dibebankan ke para user.


Nah dari semua bentuk biaya di exchange biasanya para user itu paling concern soal biaya penarikan dan biaya transaksi kamu bisa lihat di tabel perbandingan dari ke-5 exchange di Indonesia.


Buat biaya penarikan, ada yang flat dan ada yang yang bentuknya  persentase.


Secara ekonomis, tentunya bakal lebih menguntungkan bagi user untuk memilih yang biayanya flat saja seperti TokoCrypto, Pintu, dan Luno.


Kenapa gitu ?Coba aja deh kamu bayangkan misalnya kamu mau menarik uang dalam jumlah banyak,katakanlah kamu mau mencairkan penjualan 1 bitcoin senilai 300jtan.


Nah, kalau biaya penarikannya tuh 0.5% berarti uang kamu tuh bakalan terpotong 1,5juta cuma buat narik uang dari exchangenya doang.


Untuk biaya transaksi sebagai market taker kamu bisa lihat datanya di situ.


Di exchange yang menarik biaya tertinggi itu adalah Indodax sementara Pintu gak ada biaya transaksi, sisanya itu berkisar di angka yang wajar yaitu 0,1%.


Buat kamu yang belum mengerti biaya market taker itu adalah biaya yang harus kita bayar ketika kita itu bertransaksi dengan ikut antrian harga yang udah ada.


misalnya nih kamu mau beli bitcoin seharga 10juta

kalau di Indodax biayanya itu adalah 0,3% atau setara 30ribu rupiah.


Sementara kalau kamu transaksi di Tokocrypto biayanya itu cuma 0,1% atau 10ribu rupiah.


Sekarang kita lanjut poin yang kedua, yaitu dari sisi kelengkapan aset kripto yang diperdagangkan


kamu bisa lihat di situ perbandingannya


Di situ kamu bisa lihat, kalau Indodax itu menyediakan coin/token yang paling banyak

sampai 110 jenis coin dan token.


Sementara Pintu dan Luno itu kelengkapan koinnya paling sedikit Kamu juga harus tau juga nih kalau ada banyak banget coin maupun token token kripto selain bitcoin dan ethereum ada ribuan koin maupun token yang bisa kamu perdagangkan.


Tapi kamu perlu hati-hati juga, karena koin-koin yang belum terlalu populer itu, seringkali pergerakan harganya sangat agresif.


Kita lanjut ke poin ketiga, yaitu fitur trading yang bisa dimanfaatkan sama para trader


Kalau bicara soal fitur, emang masing-masing exchange ini punya keunikan sendiri-sendiri.


Tapi dari semua fitur, aku coba pilih 3 fitur yang menurut aku penting banget buat para trader;


Yang pertama, adanya chart harga yang bisa dipake buat analisis teknikal Dan yang kedua, fitur cutloss atau pembatasan limit kerugian supaya kita bisa membatasi kerugian kita di harga tertentu.


fitur ini menurut aku krusial banget khususnya buat para trader mengingat aset kripto ini memang punya volatilitas harga yang tinggi dan agresif.


dan ketiga adalah fitur shortselling supaya kita itu bisa dapetkan keuntungan, walaupun harga aset kripto lagi mengalami penurunan atau masuk ke fase bearish.


Nah dari ketiga kategori tersebut aku bisa bilang, kalau TokoCrypto satu-satunya yang menuhi ketiga fitur penting tersebut. Sementara Pintu emang ga memiliki fitur trading dan hanya terbatas pada fungsi jual-beli doang.


Selanjutnya kita bakalan bahas dari sisi spread harga beli dan jual


Maksudnya gimana tuh?Jadi gini seorang trader yang mengambil keputusan transaksi yang cepat, khususnya dengan timeframe yang pendek,bakalan sangat tertolong sama selisih harga jual beli yang tidak terlalu jomplang.


Tujuannya supaya keuntungan di setiap transaksi bisa direalisasikan dengan optimal.Umumnya ketika kita membeli sebuah komoditas, ada spread atau selisih harga antara harga beli dan harga jual

semakin besar selisihnya, bakalan semakin sempit ruang gerak para trader.


sementara semakin kecil selisihnya, maka bakalan semakin luas  ruang gerak para trader dalam membuat keputusan.


Prinsipnya sama saja seperti kita beli emas selalu ada spread harga antara harga jual dan harga beli kan?begitu juga dengan kripto.


Nah, untuk bisa melihat spread harga, aku mencoba melakukan monitoring sederhana pada harga bitcoin di 5 exchange ini di tanggal 16 Desember 2020 jam 14.45 WIB, hasilnya kalau TokoCrypto itu punya spread harga yang kecil banget, hanya 1 rupiah saja Sementara Pintu itu punya spread harga yang lebar banget antara harga beli dan harga jualnya.


Mungkin buat kamu yang belum berpengalaman trading, spread harga dan likuiditas ini bakalan jadi hal yang sepele Tapi bagi trader yang serius selisih spread harga beli ini bisa menjadi game changer dalam setiap keputusan trading.


Aspek yang terakhir itu adalah faktor keamanan. Nah, ini adalah salah satu faktor penting yang paling sering diremehkan dalam dunia kripto cyber-security tuh adalah hal yang sangat krusial soalnya transfer aset kripto itu anonim, jadi trader kripto itu seringkali jadi sasaran empuk para hacker.


Makanya, sangatlah penting buat buat trader ataupun yang mau bertransaksi aset kripto supaya merhatikan sisi keamanan dari exchangenya.


Sejauh ini memang sudah banyak exchange yang menjalani standard keamanan seperti 2FA dengan google authenticator dan konfirmasi lewat email atau sms.


Tapi kalau kamu mau melihat lebih detil lagi tentang keamanan exchange, kamu bisa melihat referensi dari website yang mendokumentasikan test keamanan dari exchange di seluruh dunia.


Misalnya kamu bisa liat dari coin gecko atau cer live.


Sayangnya,memang belum semua exchange yang kita bahas punya catatan keamanan yang terdokumentasi.


Beberapa yang bisa kita lihat misalnya Indodax yang punya skor 8 di coingecko,dan skor 7,19 di cybersecurity ada juga Luno yang punya rating 7 di coingecko dan skor 3,95 di Cybersecurity.


Yang sebenernya cukup menarik itu adalah TokoCrypto karena sejak mereka itu dapat pendanaan dari Binance, exchange kripto terbesar di dunia.


 TokoCrypto ini dapat support buat pake teknologi Binance Cloud yang sudah teruji sebagai salah satu exchange dengan rating cybersecurity yang sangat tinggi yaitu 9,35 dan telah melalui berbagai test keamanan berlapis seperti penetration testing, proof of fund, dan juga bug bounty


kira-kira itulah ulasan dari aku tentang kelebihan dan kekurangan dari exchange kripto di Indonesia


Semoga info yang aku share kali ini tuh bisa jadi referensi buat kamu dalam menentukan exchange yang cocok buat kamu.Terus terang saja, kalau berdasarkan aspek-aspek yang aku anggap penting

TokoCrypto itu memang lumayan terlihat stand out dibanding yang lainnya.


 Baik dari sisi biaya yang murah  fitur tradingnya esensial buat trader spread harga yang sangat rendah bahkan nyaris tidak ada, dan juga teknologi keamanan yang disupport oleh binance sebagai exchange kripto terbesar di dunia saat ini.


Walaupun begitu, bukan berarti TokoCrypto gak punya kelemahan sama sekali ya Dari penelusuranku, proses registrasinya sedikit lebih panjang dan komprehensif dibandingkan exchange yang lain.


Terus jumlah pairing aset krypto nya juga belum selengkap indodax dan rekeningku.buat kamu yang suka megincar komisi member get member dari exchange  beberapa exchange ini juga menawarkan komisi referal Silakan kalau kamu mau pake jadi kamu bisa manfaatkan kode referal dari exchange pilihan kamu. Itulah Rekomendasi Tempat Jual Beli Bitcoin yang harus kamu kethui.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak