Tempat Tanya-Jawab Tentang Saham Sepuasnya Secara Privat Dan Gratis!

 Olahaninternet.My.Id.Tempat Tanya-Jawab Tentang Saham Sepuasnya Secara Privat Dan Gratis!.Buat kamu yang baru belajar trading atau investasi saham, pernah ngebayangin gak"coba aja kita punya guru privat atau orang yang bisa kita tanya-tanya sepuasnya tentang dunia saham Misalnya kita mau nanya beberapa istilah saham yang kita tidak mengerti, nanya tentang kabar terbaru terkait saham tertentu, atau bisa juga nanya tentang aksi korporasi dan dampaknya".

Tempat Tanya-Jawab Tentang Saham Sepuasnya Secara Privat Dan Gratis!
Konsultasi Saham(Picture Of Stock Photo)


Wah, pasti enak banget ya kalo kita punya guru privat yang bisa kita tanyain apa aja. Apalagi kalo bisa gratis.


Nah, di Tulisan Artikel kali ini, aku mau sharing tempat dimana kamu bisa tanya-jawab tentang saham sepuasnya secara privat dan gratis!


Eits, sebelum aku kasih tau dimana tempatnya, aku mau bahas dulu tentang metode belajar saham yang bisa kita lakukan,entah itu belajar teori ataupun belajar sambil praktek. karena nih, emang ada banyak cara buat buat belajar saham


bisa ikutin seminar, belajar dari buku, diskusi di forum, dan juga konsultasi langsung ke konsultan.


di pembahasan kali ini, aku juga mau bahas apa kelebihan dan kekurangan dari metode-metode tersebut


secara umum, metode dalam belajar itu bisa kita bagi jadi 3 kategori yaitu:


yang pertama itu, one to many,


yang kedua itu, many to many


dan yang ketiga dan one on one


emang bedanya apaan sih ? yuk kita bahas satu-satu


yang pertama adalah one to many.


Simpelnya, kita tuh diajarin sama satu orang yang udah jago atau lebih berpengalaman dari kita.


 konsepnya mirip kayak sekolah, dimana ada satu guru yang ngajarin banyak muridnya.


makanya disebut one to many.


nah, saat ini, pengajaran one to many tuh gak cuma bisa dapet secara langsung di dalem kelas doang


karena materi pengajarannya udah banyak direkam atau didokumentasiin dalam bentuk buku, video, dan artikel.


dalam konteks saham, sumber belajar one to many ada banyak banget dan udah tersedia dimana-mana.


mulai dari seminar, kelas online, youtube, akun social media, podcast, dll


 Di Blog Olahan Internet sendiri, kami udah sering banget bahas tentang saham mulai dari perbedaan analisis teknikal dan fundamental, apa aja resiko investasi/trading saham, cara investasi saham yang paling aman, penjelasan istilah-istilah saham, dll.


 Selain blog ini, ada banyak juga sumber lain di luar sana yang bisa kamu eksplor metode belajar kayak gini tuh cocok banget buat kamu yang baru aja mulai belajar,yang perlu banget buat memahami teori-teori dasar dalam berinvestasi danembangun mindset berinvestasi yang benar.


Tapi metode belajar ini juga punya kelemahan.


 berhubung metode ini seringnya cuma satu arah, kamu ga bisa leluasa berinteraksi,berdiskusi, atau tanya-tanya lebih lanjut.


biasanya nih para pemula yang udah belajar teorinya, pastinya gak akan langsung jago dalam prakteknya.


Begitu mulai praktek, baru deh kita kebingungan ngeliat dinamika market,cara analisis, dan muncul banyak pertanyaan baru yang bikin kita penasaran.


sekarang kita lanjut ke metode belajar yang kedua yaitu many to many.


Biasanya metode belajar kayak gini dilakuin di forum terbuka atau tertutup.


di mana nih, para member di forum tersebut adalah para trader dan investor saham juga


Metode belajar ini bakalan lebih cocok buat kamu yang aktif trading, karena di forum, kita bisa nanya-nanya ke sesama investor ataupun trader lain.


biasanya, kita juga bakal cepet banget dapet informasi terbaru tentang saham tertentu atau bahkan dapetin rekomendasi tentang saham saham tertentu juga.


Tapi tentu aja metode ini juga punya kelemahan,khususnya buat kamu yang milih buat berinvestasi jangka panjang.


Kamu perlu tahu nih, dalam forum itu isi orangnya  campur-campur banget.


Dari trader berpengalaman, ada juga investor senior, bahkan ada juga pemula yang sama-sama baru belajar.


Di dalam forum juga sering banyak pendapat, rekomendasi, dan opini yang sifatnya subjektif.


Biasanya ada aja yang terlalu pesimis dan nebar ketakutan kalo harga saham  bakalan turun.


 Ada juga yang terlalu optimis dan nyaranin buat terus beli saham tertentu, padahal harganya udah terlalu mahal.


Nah, banyaknya informasi yang sifatnya opini, bahkan gak jarang juga muncul rekomendasi yang saling bertolak belakang

bisa jadi malah bikin kamu makin bingung dalam berinvestasi.


metode yang terakhir adalah one on one,


atau belajar dengan berinteraksi langsung secara privat.


Metode belajar ini bisa dibilang fleksibel banget. Kita jadi bisa punya pendamping sekaligus mentor dalam berinvestasi saham


Karena banyak juga nih para pemula yang ga cukup kalo cuma belajar dari teori doang.


jadi penting banget buat belajar sambil praktek apalagi kalo pas praktek kita punya tempat buat tanya-jawab sepuasnya.


Nah masalahnya, mungkin kita gak punya kenalan trader/investor senior yang bisa bantu/membimbing kita.


di sisi lain, gak banyak juga platform yang nyediain layanan tanya-jawab secara privat

yang bener-bener serius dan dedicated,apalagi kalo yang jawab itu adalah konsultan yang punya sertifikat kayak WPPE atau QWP.


kalaupun ada, biasanya harganya mahal. misalnya jasa kayak gini.


Lumayan mahal ya? Harganya bisa sampai jutaan atau nih,akses tanya-jawab yang gratis tuh biasanya tied-in sama produk kelas berbayar kayak ini.


Ada ga sih layanan konsultasi tanya jawab seputar saham yang gratis?Jawabannya ada


salah satu yang aku tau itu fitur konsultasi gratis di aplikasi Ajaib.sebelumnya, aku udah sempet mention fitur ini sekilas banget di artikel Sebelumnya Rekomendasi Aplikasi Sekuritas Saham Paling Cocok Untuk Pemula.


Cuma karena masih banyak yang suka nanya di-dm seputar saham dan pasar modal, aku jadi kepikiran kenapa ga nanya ke layanan gratis kayak gini aja?


Soalnya nih, jujur aja aku sendiri memang ga selalu update sama berita terbaru.


aku sendiri udah beberapa kali nyoba nanya di layanan ini,dan jawaban dari mereka menurutku bagus. bagus dalam arti jawaban mereka emang beneran dari manusia, bukan dari bot atau ai.


aku pernah nyoba nanya tentang beberapa pemberitaan terkini contohnya terkait PSBB dan isu resesi ekonomi jawaban yang mereka kasih menurutku punya standar profesional yang bagus.


logis, dan bukan berbentuk opini pribadi.Menurut aku, media konsultasi kaya gini tuh saham. buat nemenin kamu belajar saham soalnya nih  pelajaran investasi yang  berharga itu lebih banyak didapetin sambil praktek.dan media paling cocok buat nemenin kita belajar sambil praktek itu ya konsultasi tanya jawab langsung kayak gini.


oya, berhubung fitur konsultasi di ajaib beneran dijawab sama manusia  jadi aktivitas tanya - jawabnya gak bisa dilakuin kapan aja karena tentu aja nyesuain dengan jam kerja pihak yang bersangkutan.


Dari yang aku baca di artikel yang ada di website Ajaib layanan konsultasi ini tuh bisa kita pake dari hari senin sampai jumat,mulai jam 9 pagi sampai jam 6 sore wib.


jadi, kalo kamu pengen nanya-nanya atau pakai layanan konsultasi dari Ajaib, pastiin kamu sesuain sama jadwal ini supaya pertanyaan kamu bisa cepet direspon sama mereka.


di artikel ini juga disebutin kalo orang yang jawab pertanyaan kamu itu adalah orang punya sertifikasi di bidangnya masing-masing.


ada konsultan yang bersertifikat WPPE (Wakil Perantara Pedagang Efek) QWP (Qualified Wealth Planner)dan WAPERD (Wakil Agen Penjual Reksa Dana).


 kalo ngeliat sertifikasi konsultannya, di layanan ini, kamu gak cuma bisa nanya tentang saham doang tapi juga bisa konsultasi tentang reksadana karena ada waperd dan perencanaan keuangan karena ada QWP (qualified wealth planner).


kalo kamu mau coba layanan konsultasi gratis ini, kamu cuma perlu daftar akun aja di Ajaib yang prosesnya paling cuma makan waktu beberapa menit doang.


Jarang-Jarang ada yang bikin layanan tanya jawab  kayak gini secara gratis yang beneran serius dan dedicated.


apa lagi nih, kalau yang jawab itu beneran konsultan yang bersertifikat buat kamu yang lagi belajar, Aku sih nyaranin banget buat aktif nanya-nanya sambil praktek.


Karena nih, pelajaran yang bener-bener berharga tuh justru didapetin ketika kita sambil praktek.dimana kita beneran ngerasain dinamika naik-turunnya pasar modal.


Paling tips dari aku, kalo kamu mau one on one kayak di ajaib pastiin kamu nanya hal yang emang spesifik dan konteksnya jelas gitu jangan berbelit-belit. dan jangan dipake buat iseng doang apalagi buat nanya hal yang tidak relevan sama dunia keuangan.


Udah bagus banget ada layanan gratis dimana kita bisa tanya-jawab sepuasnya dengan konsultan bersertifikat, jadi manfaatin sebaik-baiknya ya.


oya, sebetulnya metode belajar yang cocok buat tiap orang itu beda-beda,dan menurutku tiap metode tuh punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing gitu.


metode one on one juga ada kelemahannya, yaitu kamu cuma bisa dapet informasi dari satu perspektif doang jadi pastiin juga kamu belajar dari berbagai sumber yang lain.


Itulah tempat dimana kamu bisa tanya-jawab tentang saham sepuasnya secara privat dan gratis!


semoga Tulisan ini bermanfaat buat kamu.


kalau ada yang mau nanya tentang saham kalau ada yang  mau ditanyain atau mau request topik buat Pembahasan selanjutnya, silakan tulis di kolom komentar.


sampai ketemu lagi di pbahasan selanjutnya

tetap pantau Blog Olahan Internet.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak